Selasa, 12 Mei 2020

7 Cara Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Melukis Sketsa Wajah Dengan Pensil

Pada dasar nya dalam seni lukis memang memiliki tingkat kesulitan tersendiri apalagi bagi kita yang belum mengetahui berbagai macam teknik serta cara dalam melukis tersebut. melukis juga tidak boleh sembarangan yang dimana lukisan itu suatu gambar yang kita buat dengan konsentrasi ekstrak akan tetapi ketika melihat hasil nya tidak mirip dan sesuai yang kalian mau tentunya hal yang seperti ini yang sangat memalukan dan sia sia. Untuk melukis sketsa wajah tentunya kalian hanya perlu menguasai obyek yang ada di hadapan kalian setelah obyek itu sudah tergambar pada imajinasi kalian tentu tinggal kalian presentasikan melalui kanvas ataupun kertas gambar kalian.


Beberapa Cara Menggambar Sketsa Wajah Yang Benar


Mungkin ada beberapa orang yang masing bingung dengan hal hal seperti diatas yang tentu saja pasti pernah di alami nya, melukis akan terlihat mudah bagi yang sudah profesional dan memahami nya akan tetapi akan terlihat lebih mudah juga bagi para pemula yang ingin mendalami nya. semua itu tidak ada yang sulit apabila kalian selalu disiplin dalam mempelajari nya sering melakukan praktek keseharian nya untuk melihat sejauh mana skill kalian. akan tetapi di sini akan berbagi ilmu dengan beberapa cara melukis yang mungkin bagi kalian belum paham dan masih pemula :


  • Cara 1
    Kalian siapkan beberapa penisl terutama pensil 2B dan penghapus untuk membuat pola tersebut, seperti kita ketahui pada bagian wajah memiliki beberapa titik yang sejajar seperti mata, alis, hidung dengan bibir secara horizontal maupun vertikal dengan jarak tertentu. Akan tetapi kalian tidak boleh ngasal membentuk bagian wajah yang dimana akan membuat nya tidak sejajar dan beda tidak sesuai. Alangkah baik nya kalian buat garis dengan penggaris  yang dimana dapat menyesuaikan bagian tubuh dengan sejajar, hal ini tentunya Langkah awal yang dimana biasa nya ketika membuat sketsa pasti kita akan membuat mata terlebih dahulu.

  • Cara 2
    Setelah membuat garis dengan sejajar lalu kalian mulai bentuk beberapa bagian wajah yang ingin kalian gambar lebih awal, biasanya sih mata terlebih dahulu yang dimana mata sebagai titi penyesuaian bagian wajah yang dapat menyesuaikan beberapa bagian wajah lain nya, akan tetapi ada saja yang membuat hidung terlebih dahulu, ada juga bibir, itu semua tergantung keinginan kalian masing masih. Yang pasti buatlah gambar bagian wajah tersebut dengan jelas dan haru sama persis.

  • Cara 3
    Setelah kalian membuat sketsa wajah, Langkah selanjutnya kalian dapat membuat beberapa garis wajah dari atas sampai bagian tubuh, hal ini tentunya dapat menyesuaikan postur tubuh, dan bentuk wajah yang sudah kalian buat, akan tetapi ketika ada beberapa bagian wajah ada yang tidak sesuai maka akan berpengaruh pada bagian garis wajah sehingga tidak memiliki kemiripan. Hal ini yang memang sering di alami nya ketika kalian melakukan pembuatan sketsa, lihat dulu obyek secara detail setelah itu kalian dapat membuat nya melalui sketsa.

  • Cara 4
    Cara ini adalah salah satu cara dalam melukis sketsa wajah, ketika kalian sudah melakukan dari beberapa cara di atas tentunya kalian gunakan lah cara ke 4 ini. yang dimana kalian dapat menebalkan beberapa bagian pada sketsa wajah dengan cara diarsir dengan pensil kalian, akan tetapi ketika melakukan arsiran jangan terlalu di tekan yang dimana akan membuat kertas pada lukisan kalian menjadi rusak dan mudah sober. Dengan menebalkan nya kalian harus menyesuaikan dengan objek yang digambar yang ada beberapa bagian yang memang harus dengan arsiran tipis dan tebal sesuai objek tersebut. Cara ini tentunya bisa membuat sketsa kalian lebih nyata dan mirip ketika kalian berhasil melakukan nya.

  • Cara 5
    Setelah kalian melakukan arsiran pada cara ke 4 yang dimana dengan arsiran yang tipis agar membuat sketsa ini terlihat lebih jelas. Lalu kalian masuk ke cara 5 ini yang dimana kalian dapat menebalkan di bagian bagian pada gambar itu tersebut agar terlihat lebih nyata dan bagus. Cara nya kalian hanya memerlukan pensil 2B untuk menebalkan nya ada pula pensil 8B yang bisa kalian gunakan untuk lebih tebal lagi.

  • Cara 6
    Cara ini adalah cara yang menentukan hasil gambar kalian dengan membuat tekstur wajah agar membuat ekspresi pada wajah tersebut lebih nyata. Biasa nya ada beberapa alat seperti kanvas, ataupun dengan jari kalian masing masing pun bisa digunakan, akan tetapi apabila jari kalian tidak ingin kotor maka gunakan lah kapas atau kuas kecil. Hal ini tentunya dapat membuat gambar menjadi halus dan nyata dengan beberapa kerutan pada wajah dan ekspresi nya pun lebih jelas di lihat.

  • Cara 7
    Cara finishing berikut tentu nya bisa kalian lakukan dengan mudah yaitu dengan menambah beberapa bingkai yang sesuai pada hasil lukisan kalian, yang dimana dari hasil kalian yang sudah dibuat kemudian ingin memajang untuk menjadi pusat perhatian orang lain yang dimana terkagum kagum dengan hasil yang kamu buat sendiri. Tentu nya hanya memerlukan bingkai foto yang bisa kalian buat atau beli dimana saja yang akan membuat hasil lukisan kalian dapat dilihat oleh orang lain.


Itulah beberapa cara yang tentunya sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba nya untuk membuat sketsa wajah. Kalian hanya menekuni cara dan mau mempelajari nya saja setelah itu kalian dapat praktek untuk melatih skill kalian yang sudah dipelajari.