Jumat, 15 Mei 2020

7 Jenis Aliran Seni Lukis Yang Ada Di Indonesia


Pada zaman dahulu seni lukis yang dikenal hanyalah seni klasik yang memang sudah dibuat oleh para seniman dengan alat seadanya saja, memang untuk alat lukis pada saat itu belum modern seperti sekarang saat ini yang sudah ada kanvas dan cat lukis yang melengkapi para pelukis untuk menciptakan lukisan itu lebih terlihat lebih sempurna. Dengan adanya penemuan baru dan diciptakan nya beberapa aliran seni lukis di Indonesia yang mulai diciptakan nya.

Jenis Seni lukis yang ada di Indonesia


Ada beberapa aliran yang kini sudah menjadi populer di Indonesia, yang dimana banyak para seniman yang menciptakan beberapa lukisan tersebut dengan beberapa aliran itu akan tetapi terlihat lebih sempurna dan bahkan banyak siapapun yang melihat nya menjadi terkagum kagum akan keindahan nya, berikut beberapa jenis aliran seni lukis :


  1. Klasikisme: Aliran ini memang sudah terkenal dari zaman peradaban bangsa romawi, yang dimana pada gambar lukisan itu tersebut diceritakan tentang kejayaan kerajaan pada saat itu, dan dengan cerita makhluk hidup lain nya yang diciptakan melalui lukisan itu sendiri. Akan tetapi dalam lukisan ini menggunakan warna yang membatasi yang membuat gambar lukisan ini lebih harmonis, selain itu konteks pada lukisan ini lebih kepada pesan pesan yang disampaikan menggunakan bahasa romawi pada saat itu. 

  2. Fauvisme: Lukisan ini dipadukan dengan warna warna nya yang bebas akan tetapi dapat membentuk pada pola itu tersebut dan membuat objek gambar menjadi lebih indah dengan berbagai macam warna yang terang. Biasa nya lukisan ini didapat pada bangsa Indian atau kerajaan kerajaan pada saat itu yang dimana menggambarkan kehidupan nya dengan alam dan berbagai macam hewan di dalamnya. lukisan ini memang terlihat lebih sederhana dengan warna nya yang tajam akan tetapi lukisan ini  terlihat lebih indah ketika di ruangan gelap sehingga membuat lukisan ini menyala dengan berbagai macam warna nya.

  3. Futurisme: Aliran ini sudah populer di kalangan seni lukis di Indonesia, karena gambar yang terdapat pada lukisan ini terlihat seperti nyata sama hal ya dengan luksian 3D dan terlihat seperti bergerak, akan tetapi untuk membuat lukisan ini tidaklah mudah butuh kedisiplinan dalam melukis bahkan sampai berulang kali dama membuat pola tersebut, dengan berbagai macam warna sehingga membuat lukisan ini lebih nyata dan indah.

  4. Dadaisme: Bisa dibilang seni lukis ini terlihat lebih mistis dan menyeramkan karena dengan warna warna nya yang gelap pada lukisan ini sehingga membuat nya sangat menyeramkan. Akan tetapi dari lukisan ini tersebut memiliki arti tersendiri yang membuat lukisan ini menjadi sangat indah di lihat, bahkan ada beberapa seniman yang mempopulerkan nya yang sudah berhasil menciptakan lukisan ini dapat dilihat dunia.

  5. Kubisme: Kali ini kita akan berlatih pada lukisan lukisan unik, termasuk lukisan kubisme ini yang bisa dibilang cukup unik dengan gaya lukisan geometris nya, dan warna warna yang bervariasi pada lukisan ini. biasa Teknik ini digunakan dengan dengan menggambar hewan hewan dengan bentuk kubus, segitiga dll yang membuat gambar ini menjadi cukup unik, apalagi ditambah dengan berbagai macam warna yang membuat lukisan ini menjadi lebih sempurna.

  6. Abstrak: Seperti kita ketahui kata abstrak ini pasti identic dengan hal yang tidak jelas atau tidak beraturan, akan tetapi aliran ini sangat berlaku pada lukisan yang dimana dilukis dengan tidak jelas pola nya dan warna warna yang acak acakan. Akan tetapi ada beberapa seniman yang mempopulerkan sudah berhasil mempopulerkan lukisan ini dengan gaya nya sendiri, akan tetapi dengan lukisan ini menjadi daya tarik tersendiri pagi penikmat lukisan yang membuat terkagum akan nilai keindahan pada lukisan tersebut.

  7. Ekspresionisme: Seni ini juga salah satu seni lukis di Indonesia yang sudah populer, seni lukis ini pada dasar nya menggunakan ekspresi seseorang yang membuat nya  yang disampaikan melalui kreativitasnya dalam lukisan, objek pada lukisan ini biasa nya hanya pada gambar makhluk hidup, yang dimana dengan gambar yang mengekspresikan makhluk hidup yang ada di dalam lukisan tersebut. ada salah satu pelukis Indonesia yang sudah mempopulerkan lukisan ini sendiri yang dimana sudah mendunia lukisan ini tersebut.


Dari ketujuh aliran lukis tersebut sudah menjadi seni lukis di Indonesia semakin berkembang, mungkin ada beberapa aliran seni lukis lagi akan tetapi seperti diatas lah salah satu nya yang dimana dapat menambah pengetahuan kalian dalam seni lukis. Setiap seni memang memiliki arti tersendiri entah dari beberapa aliran apapun yang membuat seni ini menjadi seni lukis yang berkualitas.